kuliner

Beragam Menu Kuliner Thailand Terfavorit di Boat Noodle

boat noodle

 

 

boat noodle

boat noodle

 

Floating market merupakan istilah dari pasar terapung. Pasar terapung merupakan pasar yang tidak berada di daratan, melainkan di perairan seperti sungai dan pedagangnya menggunakan perahu untuk menjajakan dagangannya. Negara yang menjadi perintis munculnya floating market ialah Thailand. Ternyata di floating market bukan hanya berjualan aneka sandangan saja, tetapi juga kuliner. Penasaran, seperti apa rasanya sensasi makan kuliner ala floating market di Thailand?

 

Sensasi kuliner Thailand di Boat Noodle

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan hidangan tom yum? Masakan berkuah merah berisi sayuran, daging ataupun seafood yang gurih, pedas dan sedikit asam? Ya, benar sekali. Tom Yum merupakan salah satu kuliner Thailand yang amat terkenal. Namun ternyata bukan cuma tom yum saja yang enak dari kuliner negeri Gajah Putih tersebut. Aneka kuliner Thailand bisa Anda rasakan di Boat Noodle, sebuah restoran yang menjajakan aneka kuliner floating market dan street food Thailand.

 

Mie Dalam Porsi Kecil

Yang unik di Boat Noodle ialah aneka menu hidangan mie Thailand yang disajikan dalam porsi kecil. Saking kecilnya, takaran mie-nya hanya 1/3 mangkok saja. Restoran ini buka di Gandaria City Mall lantai UG dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Ada beberapa menu andalan yang jadi favorit para pecinta kuliner:

 

  1. Mie perahu alias boat noodle (kuaitiao ruea).

Konon dari sejarah, mie perahuini sudah ada sejak tahun 1942, saat Plaek Phibunsongkhram melintasi sungai dan melihat satu-satunya pedagang yang menjual mie memakai sebuah perahu kecil. Mie yang ia sajikan ditaruh di dalam sebuah mangkok dalam porsi kecil. Dengan tujuan agar mie yang disajikan tidak mudah tumpah.

Mie perahu ini sebenarnya memiliki citarasa yang sedap dan kuat. Berisi mie, daging sapi yang dipadukan dengan kecap phitan, hati sapi dan bakso sebagai pelengkap dan acar kacang. Sehingga memberikan rasa yang unik khas Thailand.

 

  1. Rice noodle dan egg noodle.

Tidak ketinggalan dari mie perahu, ada rice noodle dan egg noodle yang dipadukan dengan kuah ayutthaya dan pathumtani. Rice noodle yang lembut dengan kuah pathumtani memiliki aroma rempah yang kuat dan daun ketumbar, ditambahkan dengan irisan daging sapi dan bakso yang gurih.

Sedangkan egg noodle memiliki tekstur agak kenyal dipadukan dengan kuah ayutthaya, bakso ikan serta suwiran daging ayam. Meski rasa rempahnya tidak terlalu kuat, tapi rasa kuahnya gurih dan lebih creamy karena mengandung santan.

 

  1. Thailand chicken wings.

Ada juga menu ayam-ayaman di Boat Noodle yang juga jadi menu andalan disini, seperti Thailand chicken wings. Berupa potongan sayap ayam goreng yang berbumbu dan gurih dan dicocol pada sambal khas Thailand yang manis, asam dan agak pedas. Harganya kurang lebih 26 ribuan sebelum pajak.

 Sangkaya merupakan kuliner Thailand yang berupa potongan roti tawar yang dimasak dengan cara dikukus  lalu dicocol dengan saus hijau srikaya yang lembut dan manis. Pilihan dessert atau camilan manis yang menggoda di Boat Noodle.

 

Bicara soal menu tentu kurang rasanya jika tidak menyinggung soal minuman. Disini ada menu minuman yang tentu sudah tak asing lagi, Thai Iced Milk Tea yang memang sedang populer di kalangan pecinta street food di berbagai belahan dunia. Nah, setuju kan jika Boat Noodle layak mendapat predikat restoran terfavorit dan paling rekomended di Jakarta?